Pssst. Murah sih tapi ...

Hai!
Jadi sekarang aku mau share soal kosmetik yang kurang terpercaya gitu keasliannya. Ini berdasarkan pengalaman aku pribadi sih.
Salah satu faktornya karena harganya yang murah banget beda jauh sama aslinya. Emang sih belum tentu yang murah itu juga murahan, emang banyak juga yang kualitasnya emang bagus walaupun harganya murah. Ini berlaku buat produk lokal atau liar yg emang ASALnya harganya emang udh murah.
Tapi, ini bedanya ialah, ini dijual dengan harga lebih murah dari ASAL, jadi kayak mau ngasih tau kalo "hei kita ini jual produk sama tapu harga lebih murah loh". terkadang orang jual itu perbedaan harganya bisa jauh bgt sama aslinya yg sebenrnya agak mahal, sampe kita bakal mikir "kira-kira ini orangnya rugi gak ya ngasih harga segini?".
Kalo udh sampe gitu kita mesti mikir lagi kira-kira ini aman gak, apalagi kalo skincare atau make up yang langsung bersentuhan dengan kulit kita, kalo salah kan bisa bahaya, bukannya bikin cantik malah sebaliknya.

Beberapa ciri yang kita bisa antisipasi ialah,
1. Kalo harganya jauh beda sama rata-rata harga yang biasanya, misalnya beli lipstik yg rata-rata di toko lain seharga 50.000 tapi ada toko yg kasih harga 20.000 aja, nah itu perlu dipertanyakan, kok bisa kasih harga segitu.
2. Kalo misal bisa kita lebih baik tau darimana produk itu berasal, misalnya kita tau kali produk X itu asalnya dari Amerika tapi pas kita telaah tokonya dia malah bilang ori singapura atau ori china, australia atau pokoknya ori dari negara yang bukan negara asalnya, nah itu perlu dipertanyakan. Kadang ada yg emang udh nyantumin ini jadi kita bisa lebih hati-hati lagi.
3. Kalo kalian nemu barang ini di offline store atau ya toko kosmetik bukan online, syarat nomer 1 bisa berlaku dan kalo lihat bungkus/package nya terlihat ga begitu halus cetakannya kaya yang asli jadi kaya burem - burem gitu ( hm ngerti kan ya). Ya gak semuanya, tapi ini bisa jadi antisipasi menurut aku.
4. Kalo boleh buka dan lihat isinya bisa dilihat dan dicium baunya, misal baunya terlalu kimia banget yg gak wajar kalian bisa jaga-jaga. Emang banyak kosmetik/skincare yang berbau kimia gitu sih, tapi kalo kalian emang tau bgt kalo kosmetik/produk tsb emang baunya begitu ya boleh aja dibeli, tapi jujur aku pun misal itu beli di official store dan baunya kimia atau kurang meyakinkan aku akan memilih untum cari yang lain.

How to overcome?
1. Banyak banyak baca review dari forum terpercaya. Biasanya di forum suka ada harga rata-rata produk tsb. Kalo misal kalian tau harga produk X 100.000 tapi ada yg jual 50.000 padahal gak ada event diskon atau ya emang segitu aja, hm kalian bisa cari pilihan toko lain.
2. Baca review juga berguna buat kita tau ciri-ciri umum dari produk tsb, misal kata orang-orang tekstur sebuah krim misalnya, wangi jeruk, thick, dan gak berwarna misalnya, namun pas kalian lihat itu sebaliknya yg dikatakan reviewer ya kalian bisa jaga jarak dari situ. Kalo soal tekstur emang toko online agak susah ya karena gabisa dipegang kan ya, ya caranya itu bisa lihat dari harga yg masuk akal atau enggak..
3. Teliti baca deskripsi produk. Kalo di toko online kan ada penjelasan biasanya soal ini produk dr mana. As I said before, kalo kalian udh tau ini produk asalnya dari Korea tapi deskripsi malah bilang "ori australia" hm patut untuk mikir ulang sih. Mending cari toko lainnya aja. Kalo tokonya offline, atau kaya di mall gitu, bisa tanya mbaknya yg jual ini asalnya darimana atau ya tanya-tanya tentang info semuanya sampe bikin kamu merasa aman gitu hehe.
4. Lihat ulasan juga cukup penting sih (kalo online ) karena ada yg suka kasih komen di ulasanya. Meski emang ada yg suka boong boongan pdhl barang ga jelas tapi ulasannya baik-baik aja. Kalo ini ya balik lagi ke poin 1, 2.

Mungkim segini ajasih yang aku tau dan aki rasakan dan yg aku lakukan kalo mau beli beli karena juga pernah tertipu haha. Mungkin ga lengkap atau masih banyak cara lainnya sih, tapi kalo buat aku kalo udah ada hal-hal diatas, aku bisa antisipasi.
Jadi hati-hati ya kalo mau beli, jangan asal beli murah karena kalo nanti ada efek buruk kan kita juga yang jadi harus usaha lebih ekstra dan justru bayar lebih mahal buat "betulinnya".

Thank you!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nivea Micellar Water Review

Basa basi?